Claudio Ranieri Dipecat, Leicester Tidak Tahu Terima Kasih!

Claudio Ranieri adalah seorang pelatih sepakbola kelahiran Italia, 20 Oktober 1951. Dia pernah menjadi pemain bola kala bermain untuk AS Roma, Catanzaro, Catania, dan Palermo. Sementara karier kepelatihannya adalah kala menangani Campania, Cagliari, napoli, Fiorentina, Valencia, atletico Madrid, Chelsea, Juventus, AS Roma, Inter Milan, dan leicester City.


Pelatih asal Italia ini berhasil membawa Leicester menjadi juara EPL pada musim 2015/2016 dan ini adalah prestasi pertama mereka sejak 133 tahun silam saat pertama berdiri sebagai salah satu tim sepakbola profesional di Inggris raya.

Tahun kemarin seperti sebuah berkah tersendiri bagi Ranieri dan pihak Leicester, secara mengejutkan mereka bisa meraih gelar juara EPL mengalahkan tim besar macam MU, Chelsea, Arsenal, Liverpool, bahkan Tottenham yang paling dekat dengan mereka di tangga juara.

Namun semua berubah di musim ini, banyaknya kekalahan yang diterima leicester di EPL membuat pihak manajemen geram. Saat ini leicester ada di posisi 17 klasemen dan rawan untuk terdegradasi, apalagi ditambah dengan 5 kekalahan beruntun yang menyebabkan Leicester semakin hancur.

Terakhir Leicester harus mengakui keungulan Sevilla 2-1 di laga Liga Champions, dan ini membuat manajemen semakin geram.

Kesabaran mereka sudah melewati batasnya, akhirnya Kamis 23 Februari 2017, manajemen leicester City resmi memecat pelatih yang telah membawa kejayaan bagi The Fox tersebut. Ranieri resmi dipecat dan hal ini sangat mengejutkan bagi dunia sepakbola.

Banyak yang berkomentar tentang pemecatan ini, Jose Mourinho mengungkapkan simpatinya kepada rekannya ini, dia mengatakan "Juara Inggris dan Pelatih Terbaik FIFA Tahun Ini dipecat. Begitulah sepak bola modern, Claudio", sementara pelatih Roma saat ini, Spaletti, mengatakan "Sungguh kabar menyedihkan. Terbukti tak ada rasa terima kasih dalam dunia sepak bola, tidak sedikit pun. Ranieri sangat berhak mendapatkan kredit atas segala yang dia berikan untuk klubnya".

Saat ini Leicester City dilatih oleh Craig Shakespeare (asisten manajer) dan Mike Stowell (pelatih tim utama).