5 Hal yang Bisa Dilakukan Orang Tua Agar Anaknya Tidak Kecanduan Gadget

Gadget merupakan suatu teknologi yang baru dan canggih, bentuk umumnya adalah smartphone dan tablet, namun sebenarnya masih banyak produk lainnya yang bisa dikategorikan sebagai gadget. Saat ini adalah era smartphone, dan hampir semua orang di dunia ini mengenal dan memakai smartphone canggih di dalam kehidupannya.


Bukan hanya remaja dan orang tua yang memakai gadget, ternyata anak-anak dan balita juga sekarang sangat menyukai gadget. Di dalamnya terdapat banyak sekali permainan, gambar, video, suara, dan pengetahuan yang bisa membantu anak menjadi lebih informatif dan mengenal dunia secara luas. Ini merupakan salah satu kelebihan gadget bagi anak-anak.

Namun sebenarnya ada sisi buruknya juga bagi anak yang terlalu dini dalam mengenal gadget, salah satunya adalah kurang berkembangnya sensitifitas anak karena kecanduan gadget. Hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan saja oleh orang tuanya, mengingat pada masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan sesuatu yang nyata dalam perkembangannya.

Nah berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa anda pakai untuk menghindarkan anak balita anda dari kecanduan gadget :

1. Ajarkan disiplin pada anak
Tanamkan sejak dini kepada anak anda bahwa bermain dengan gadget ada waktunya, jangan biarkan anak anda memakai gadget seenak mereka sendiri karena lama-kelamaan mereka akan kecanduan dan jangan salahkan kalau anak anda menjadi acuh terhadap dunia nyata, atau bahkan kepada orang tuanya sendiri.

2. Orang tua tidak boleh gaptek
Jika anda tidak mengetahui tentang gadget dengan baik, maka sebaiknya jangan memberikannya kepada anak, apalagi yang masih di bawah umur. Hal ini sangat berbahaya karena dikhawatirkan mereka bisa mengakses internet dengan gadgetnya dan mengetahui hal-hal yang kurang baik untuk usianya saat ini.

Jika anda ingin memberikan gadget kepada anak-anak, ada baiknya anda sudah mengusai isi di dalamnya, setidaknya anda bukan seorang yang gagap teknologi dan tak mengetahui tentang kecanggihan gadget yang anak anda miliki.

3. Batasi penggunaan gadjet
Ada penelitian yang mengatakan bahwa sebaiknya anak-anak hanya menggunakan 2 jam setiap harinya untuk memainkan gadget mereka. Selebihnya, mereka harus lebih aktif dalam dunia nyata, entah untuk bersosialisasi, bermain, atau melakukan hal lain yang lebih nyata demi pertumbuhannya sendiri.

4. Gadjet milik orang tua
Tanamkan juga pada anak bahwa gadget yang mereka pakai adalah milik orang tua, hal ini sebagai sebuah kendali saat anak mulai berontak dengan aturan yang anda pasang, misalnya seperti poin 3 dimana anak sebaiknya hanya menghabiskan 2 jam sehari dalam memakai gadget miliknya.

Dengan menanamkan hak milik ini, maka anak tidak bisa seenak hatinya memainkan gadget, dan jika mereka mau memakainya harus meminta izin kepada orang tua terlebih dahulu, ini merupakan salah satu hal yang baik demi keamanan anak anda.

5. Buatlah area bebas gadjet
Ada kalanya anak harus melepaskan gadget mereka, misalnya sebelum tidur, saat makan bersama, atau sedang bepergian bersama keluarga. Untuk menjalankan peraturan ini memang agak sulit untuk orang tua, namun harus dijalankan bersama demi kebaikan anak juga.