Hasil Kongres Tahunan PSSI : Selamat Datang Kembali Persebaya!

Kongres PSSI tahun 2017 yang diadakan di Bandung, 8/1/16 ini cukup menyita perhatian, sebab pada kongres tahun ini seakan-akan ada perubahan besar yang terjadi di persepak bolaan tanah air. Semoga dengan hasil kongres tahun ini, kita akan memiliki sebuah kebanggaan dari cabang sepak bola nantinya, kompetisi yang lebih baik, pemain-pemain berkualitas, dan tentu saja harapan akan gelar dari kompetisi internasional yang sudah lama dirindukan.

sumber foto : viva.co.id

Salah satu permasalahan yang dibahas dalam kongres kali ini adalah pengampunan terhadap 7 klub yang dihukum PSSI, mereka adalah Persebaya 1927, Arema Indonesia, Persema malang, Lampung FC, Persibo Bojonegoro, Persipasi Bekasi, Persewangi Banyuwangi. Ke-7 klub ini dikeluarkan dari keanggotaan PSSI karena mengikuti kompetisi ilegal IPL (Indonesia Premier League) yang diadakan pada masa dualisme kepengurusan dulu.

Persebaya dipastikan diterima lagi menjadi anggota PSSI, hal ini sesuai dengan hasil kongres yang diucapkan oleh ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi. Dalam keputusan yang diambil, Persebaya 1927 akan memulai kompetisi dari Divisi Utama, sementara 6 klub lainnya akan memulai kompetisi dari Liga Nusantara, hampir semua voter menyetujui keputusan ini.

Berikut beberapa berita dan hasil kongres tahunan PSSI yang sudah disetujui :
  • Penggantian nama klub (PS TNI, Bhayangkara FC, Bali United, Madura United, Arema FC,dll)
  • 7 klub terhukum akhirnya diampuni dan diterima kembali oleh PSSI, diantaranya adalah Persebaya 1927 yang diaktifkan lagi keanggotaannya
  • Kongres PSSI juga dijadikan reuni para kapten timnas Indonesia dari masa ke masa
  • Bonek masih di Bandung untuk mendukung Persebaya 1927 agar diakui PSSI lagi
  • Kongres PSSI kali ini sangat spesial, karena ini pertama kalinya Menpora mau hadir dalam kongres induk sepak bola Indonesia
  • Ssst, ternyata ada 5 bonek yang meninggal usai tenggak miras oplosan
  • Iwan Budianto dan Joko Driyono resmi jadi Wakil Ketua Umum PSSI mendampingi ketua umum Edi Rahmayadi
  • Pengampunan sanksi perseorangan, diantara mereka adalah Djohar Arifin, Sihar Sitorus, Bob Hippy, Tuti Dauw, dan Widodo Santoso.
  • ISL akan dimulai pada 26 Maret 2017, sedangkan Divisi Utama pada 20 Maret 2017
  • Pemilihan pelatih timnas Indonesia yang baru menggantikan Alfred Riedl
Kita tentunya berharap banyak dengan hasil kongres PSSI kali ini, semoga ini adalah sebuah jalan untuk membenahi persepak bolaan kita yang sudah lama hancur oleh keegoisan sebagian pihak dan ketidak becusan dalam mengurusinya.

Saya pribadi berharap kita semakin dewasa dalam menanggapi berbagai masalah di negara kita ini, untuk kalangan supporter khususnya The Jack, Bobotoh, Bonek, dan Aremania, semoga kalian semakin dewasa dalam menyikapi persaingan dan gengsi. Ingatlah bahwa kekerasan hanya menambah masalah, mari bersaing secara sehat tanpa harus menghilangkan nyawa orang seenaknya sendiri. Raihlah prestasi tertinggi dari cabang sepakbola, Indonesia bisa!