Hal-Hal Unik yang Terjadi Pada Laga Final Piala AFF Suzuki Cup 2016

Laga final piala AFF 2016 leg pertama yang mempertemukan Indonesia melawan Thailand telah digelar di stadion Pakansari, Bogor. Hasil akhir pertandingan itu adalah kemenangan timnas Indonesia dengan skor 2-1, laga sebenarnya lebih didominasi oleh Thailand sejak awal pertandingan, bahkan pada menit ke 33, Teerasil Dangda berhasil membuat gol ke gawang Kurnia Meiga lewat sundulan kepala. Namun daya juang pemain timnas Indonesia berhasil membuahkah hasil ketika sepakan jarak jauh dari Rizky Pora membentur bek Thailand dan membelokkan bola ke gawang T. Kawin. Ditambah dengan gol dari Hansamu Yana Pranata yang memaksimalkan sepak pojok dengan sundulan akurat, Indonesia menang 2-1.


Banyak kejadian unik yang terjadi selama gelaran laga final leg pertama ini, bahkan media memberitakan hal-hal unik dan lucu dalam pertandingan final ini, tentu saja ini adalah gambaran sepak bola yang indah dan enak untuk ditonton. Apa saja hal-hal unik yang terjadi selama gelaran final piala AFF 2016 ini? Berikut adalah informasinya :
  1. Fans Thailand jauh-jauh datang ke Indonesia untuk mendukung timnas Thailand, ada sekitar 100 orang yang mendukung tim Thailand dengan atribut biru-biru. Salah satu yang mencuri perhatian adalah 3 wanita Thailand yang memakai jilbab dan membuat banyak supporter melirik matanya.
  2. Fans Thailand dan Indonesia berbaur bersama, meski timnas mereka sedang bertanding dan menjadi musuh di lapangan hijau, namun nyatanya mereka masih bisa bersahabat dan berfoto bersama, ini adalah hal yang menunjukkan kebersamaan yang sangat indah. Coba saja Bonek, The-Jak, Aremania, dan Bobotoh bisa foto bareng yak.
  3. Pertandingan berjalan seru dan menarik, namun sangat disayangkan ada beberapa oknum supporter yang menyalakan flare dan membuat stadion penuh dengan asap, ada pula oknum penonton nakal yang mengarahkan sinar laser ke mata kiper Thailand, hal itu membuat laga sempat terhenti.
  4. Perjalanan timnas Indonesia sangat mirip dengan Portugal di ajang Euro, mereka terseok-seok di babak penyisihan dan tidak diunggulkan, namun dengan semangat juang yang tinggi, akhirnya mereka bisa menang dan menjuarai Euro. Ada pula moment yang hampir mirip antara keduanya, misalnya saja jersey mereka sama-sama merah, lawannya juga biru (Thailand dan Perancis punya jersey biru), kaptennya bernomor punggung 7 (CR7 & Boaz), bintangnya cedera di menit awal (CR7 & Andik harus diganti karena cedera).
  5. Angka 2 seakan menjadi keberuntungan bagi timnas Indonesia, pasalnya sejak awal laga (bahkan dari pertandingan persahabatan) mereka selalu mencetak 2 gol, mulai dari saat melawan Thailand (2-4), Filipina (2-2), Singapura (2-1), Vietnam (2-1 & 2-2), lalu berlanjut lawan Thailand (2-1), semoga dengan angka 2 ini Indonesia bisa menjadi juara.
  6. Ini adalah final piala AFF ke-5 bagi timnas Indonesia, sebelumnya 4 kali mereka masuk final selalu gagal juara. Nasib timnas hampir mirip seperti Belanda yang dijuluki "Juara tanpa Mahkota", semoga tahun ini adalah tahunnya Indonesia.
  7. Dukungan lucu diberikan oleh salah satu bintang p*rno bernama Vicky Vette, dia sangat menyukai timnas Indonesia karena jersey-nya bagus, dan cuitannya selalu menjadi pergunjingan yang cukup menarik perhatian media masa.
  8. Dukungan dari Radja Nainggolan untuk timnas Indonesia menjadi salah satu modal penting, pasalnya pemain AS Roma ini bisa dibilang sangat mendukung Indonesia, dia masih punya darah keturunan Maluku.
  9. Zulham Zamrun mengajak Pratum Chutong berfoto bersama, yah kedua pemain ini memang punya wajah dan gaya yang sangat mirip.
  10. Banyak orang berharap Evan Dimas bermain di laga final piala AFF, namun Alfred Riedl belum memasukkannya karena dia masih membutuhkan sosok pemain tengah pekerja keras seperti Bayu Pradana.
  11. Acara nobar timnas diadakan dimana-mana, hal ini tentunya sebagai apresiasi dukungan dari masyarakat untuk timnas Indonesia.
  12. Presiden Jokowi tidak hadir dalam laga final AFF, kemana beliau? Ternyata pak presiden sedang di Iran karena tugas negara, beliau masih sempat menyaksikan laga final AFF lewat layanan streaming di laptopnya. Setelah akhir laga, pak Presiden memberikan ucapan selamat melalui twitter dengan foto beliau sedang duduk menyaksikan final AFF melalui laptopnya.
  13. Kabar kurang menyenangkan datang dari Andik Vermansyah, cedera yang diterimanya cukup parah dan memaksanya tidak bisa mengikuti laga final leg kedua di Thailand, begitulah media memberitakan kabar terbaru Andik. Tentu saja ini adalah hal yang cukup menyulitkan karena Andik adalah penyerang sayap yang diandalkan.