8 Bencana Kelaparan Dengan Korban Jiwa Terbanyak Di Dunia

Bencana kelaparan adalah sebuah bencana besar yang dikarenakan kurangnya bahan pangan di suatu wilayah. Efeknya tersebar luas, dan kerusakan yang disebabkan oleh bencana kelaparan bisa bertahan selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Sering kali kelaparan juga disebabkan oleh bencana alam lain, seperti gempa atau tsunami yang menghancurkan seluruh wilayah, dan menyebabkan eksodus massal. Kematian karena kelaparan dan kekurangan gizi sangat menyakitkan, dan sering terjadi pada balita maupun lansia (wikipedia).


Kita terkadang mengira bahwa bencana kelaparan banyak terjadi di afrika saja, yah memang tidak salah karena di Afrika sering terjadi bencana kelaparan ketika terjadi kekeringan dan perang. Namun ternyata ada bencana kelaparan yang lebih parah di luar Afrika, bahkan korban jiwa yang meninggal akibat bencana kelaparan ini sungguh banyak jumlahnya.

Berikut ini adalah 8 bencana kelaparan yang tercatat dalam buku sejarah dunia ini, semoga kita selalu terhindar dari bencana mengerikan ini :

1. Irlandia
Waktu : 1845-1853
Korban : 1,5 juta meninggal dan lebih dari 2 juta melarikan diri
Penyebab : Penyakit kentang menyerang yang membuat bahan makanan pokok berkurang ditambah dengan kekejaman pemerintah Inggris yang saat itu berkuasa melarang warga Katolik bekerja dan mencegah bantuan dari kapal asing.

2. Vietnam
Waktu : 1945
Korban : 2 juta orang meninggal dunia
Penyebab : Masa perang dunia II, penjajah Jepang memaksa petani menanam tumbuhan karet dan lainnya untuk bahan perang, ditambah dengan kekeringan yang melanda membuat bahan pangan sulit didapatkan. Hal seperti ini juga terjadi di Indonesia namun tidak separah yang terjadi di Vietnam pada masa penjajahan.

3. Korea Utara
Waktu : 1994 - 1998
Korban : 3 juta korban meninggal dunia
Penyebab : Kebjijakan pemerintah yang memaksa untuk memenuhi kebutuhan militer di atas kebutuhan umum, ditambah dengan tertutupnya negara ini dari dunia luar menyebabkan rakyatnya menderita.

4. Rusia
Waktu : 1921
Korban : 5 juta orang
Penyebab : kalah perang dunia 1, perang saudara, dan pertanian yang macet membuat bahan makanan tidak tersedia dan menyebabkan kelaparan parah yang melanda negara ini.

5. Benggala
Waktu : 1770 & 1943
Korban : 7 juta & 10 juta korban
Penyebab : Pada tahun 1770 penjajah Inggris memaksa petani menanam indigo dan opium yang menyebabkan langkanya bahan pangan menyebabkan kematian hingga 10 juta jiwa, dan pada tahun 1943 giliran penjajah Jepang yang menyengsarakan rakyat dengan kebijakan layaknya di Vietnam, ditambah dengan badai angin topan yang membuat pertanian hancur menyebabkan kematian 7 juta rakyat akibat kelaparan.

6. Soviet
Waktu : 1990
Korban : 10 juta jiwa
Penyebab : Kebijakan pemerintahan Josef Stalin yang kejam memaksa petani tidak bisa menanam tanaman bahan pangan dan membuat rakyat kelaparan, Stalin dianggap bertanggung jawab atas meninggalnya 10 juta jiwa rakyat Soviet.

7. Chalisa
Waktu : 1783
Korban : 11 juta jiwa
Penyebab : Kekeringan parah yang melanda wilayah ini membuat hilangnya tanaman dan air di daerah itu dan menyebabkan 11 juta manusia kelaparan dan meninggal dunia

8. China
Waktu : 1907 & 1958-1962
Korban : 25 juta & 43 juta meninggal dunia
Penyebab : Banjir menyebabkan pertanian hancur dan hilangnya bahan pangan menyebabkan 25 juta jiwa meninggal pada 1907, dan pada tahun 1962, 43 juta jiwa rakyat China meninggal karena kelaparan akibat kebijakan pemerintah komunis pada masa itu menyebabkan 43 juta jiwa meninggal dunia.