Menghitung Peluang Lolos Timnas Indonesia Di Ajang Piala AFF 2016

Timnas Indonesia sudah kembali ke kancah sepak bola Internasional dengan dicabutnya pembekuan FIFA terhadap PSSI. Sebelumnya, timnas sudah melakukan 4 kali uji coba melawan Malaysia, Vietnam, dan Myanmar. Dengan 1 kali menang, 2 kali imbang, dan 1 kali kalah, ini merupakan salah satu hasil yang cukup bagus untuk sekelas timnas yang sudah lama tidak bertanding di level internasional.


Pertengahan bulan November ini timnas mulai mengikuti ajang AFF di Vietnam, bersama Thailand, Singapura, dan tuan rumah Filipina, Indonesia masuk dalam grup neraka karena ada 2 juara bertahan dan sang tuan rumah. Tentu saja peluang lolos sangat kecil mengingat lawan yang dihadapi punya kemampuan dan skil yang cukup bagus.

Pada pertandingan pertama melawan Thailand, timnas Indonesia harus mengakui kekalahan dari timnas gajah putih setelah kalah 4-2. Di pertandingan kedua, timnas yang sempat unggul 2 kali akhirnya harus menerima hasil seri setelah tendangan bebas younghusband merobek jala Kurnia Meiga.

Dengan 1 kali kalah dan 1 kali seri, kini timnas berada di posisi juru kunci di grup A piala AFF, tentu ini adalah hasil yang tidak diharapkan. Thailand sudah memastikan diri lolos dengan perolehan poin 6 dengan 2 kemenangan melawan Indonesia dan Singapura, sementara Filipina berada di posisi 2 setelah bermain imbang dengan Singapura dan Indonesia, sementara Singapura ada di posisi 3 dengan perolehan poin yang sama dengan Indonesia, 1 poin, dari hasil 1 kali imbang dan 1 kali kalah.

Timnas sebenarnya masih punya peluang lolos, namun butuh sedikit keajaiban untuk bisa meloloskan timnas ke babak semi final tentunya. Inilah hitung-hitungan jika timnas Indonesia ingin lolos ke babak semifinal menemani Thailand : Indonesia lolos jika menang lawan Singapura, sedangkan Filipina kalah ataupun bermain imbang lawan Thailand. Jika menang maka poin Indonesia jadi 4, dan Filipina gagal jika maksimal bermain imbang karena poin mereka hanya 3 saja. Namun jika Indonesia imbang vs Singapura, sedangkan Filipina juga imbang, maka yang berhak lolos antara Filipina dan Singapura saja, karena dipastikan perolehan gol Indonesia kalah dari kedua tim itu.

Tidak ada cara lain lagi jika timnas Indonesia ingin lolos, mereka wajib menang atas Singapura dan berharap Thailand bermain jujur dan tidak kucing-kucingan lawan Filipina, sehingga paling tidak Filipina jangan sampai menang lawan Thailand. Pelatih timnas, Alfred Riedl, mengatakan bahwa dia optimis timnya bisa lolos, tentunya dengan perjuangan terakhir melawan Singapura dan berharap Filipina tidak menang.

Bagaimana nasib tim Nasional Indonesia dalam ajang piala AFF 2016? Kita tunggu hasilnya saja, pertandingan terakhir Indonesia vs Singapura akan dilangsungkan pada Jum'at, 25 November 2016, pukul 19.00, dan disiarkan langsung di RCTI serta Inews TV. Catat jadwalnya dan mari dukung timnas Indonesia, semoga ada keajaiban untuk timnas!