Informasi dan Fakta Tentang Chapecoense, Klub Sepak Bola Brazil yang Mengalami Kecelakaan Pesawat

Berita duka datang dari Amerika latin, tepatnya di negara Kolombia, ketika pesawat terbang yang membawa rombongan klub sepakbola Chapecoense jatuh dan menyebabkan hampir semua penumpangnya meninggal dunia. Berita ini mengundang banyak simpati dari berbagai belahan dunia, yah saat ini dunia sepak bola dirundung duka mendalam atas kehilangan mereka.


Kecelakaan pesawat LMI2933 yang membawa 81 penumpang itu disebabkan karena kerusakan yang terjadi di pesawat sehingga menyebabkan pesawat gagal terbang dan akhirnya jatuh, dari 81 orang penumpang dinyatakan ada sekitar 5 orang yang masih selamat namun mengalami luka berat, salah satunya adalah pemain belakang Chapecoense, Alan Ruschel.

Associação Chapecoense de Futebol, dikenal sebagai Chapecoense (ACF) adalah klub sepakbola dari Brazil yang berdiri pada 1973. Bisa dibilang mereka adalah "Leichester" dari Brazil karena baru 2015 mereka bisa bermain di serie-A kompetisi tertinggi di Brazil. Kecelakaan pesawat ini juga menghentikan perjuangan mereka karena dalam perjalanan itu, sebenarnya mereka hendak melakukan pertandingan final leg I Copa Sudamericana melawan Atletico Nacional.

Duka mendalam ini dirasakan oleh banyak orang di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia, banyak netizen yang mengucapkan belasungkawa atas tragedi ini. Banyak pecinta sepakbola yang teringat dengan tragedi serupa, yaitu di tahun 6 Februari 1958 dimana pesawat yang membawa rombongan pemain Manchester United jatuh di Munich, Jerman. Ada juga kecelakaan serupa yang menimpa timnas Peru pada 1987 dan Zambia pada tahun 1993.

Banyak pihak yang bersimpati kepada Chapecoense, salah satunya adalah calon lawan mereka di final Sundamericana, yaitu Atletico National yang kemudian dengan berbesar hati meminta otoritas penyelenggara untuk memberikan gelar juara kepada Chapecoense saja, mereka pikir ini adalah penghormatan terakhir kepada para korban meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut. Selain itu, beberapa klub brazil lainnya seperti Santos, Chorintians, Palmeiras, dan lainnya menawarkan bantuan untuk tim dengan meminjamkan pemain mereka secara cuma-cuma, mereka juga meminta PSSI-nya Brazil untuk memberikan keringanan bagi Chapecoense agar selama 3 tahun kedepan tidak terdegradasi meski berada di bawah klasemen.

Berita duka ini sangat dirasakan oleh banyak orang, kecelakaan pesawat merupakan salah satu hal yang banyak ditakutkan oleh orang-orang di seluruh dunia, dan ini adalah kecelakaan yang cukup fatal dan menyebabkan banyak korban jiwa.