Gambaran Penderitaan Warga Rohingya yang Harus Kamu Tahu

Rohingya atau Rakhine adalah salah satu etnis yang mayoritas beragama Islam, mereka adalah minoritas yang berada di Burma, Myanmar. Berita tentang etnis Rohingya menjadi berita yang cukup menghebohkan di dunia ini, pasalnya mereka adalah sekumpulan orang yang diusir dari Myanmar yang mereka anggap sebagai negara sendiri.


Etnis Rohingya adalah ras Indo-Arya yang berasal dari India dan Bangladesh, dulunya mereka pindah ke Myanmar dan membantu negara ini untuk bebas dari penjajahan, namun sayangnya mereka kini malah ditindas dan diusir oleh warga pribumi Myanmar. Pemerintah Myanmar bahkan tidak menganggap mereka sebagai bagian dari warga negara, mereka dianggap imigran gelap dan harus diusir.

Beberapa waktu yang lalu terjadi pembantaian terhadap etnis Rohingya yang menyebabkan mereka kabur dari Myanmar, warga itu tersebar ke beberapa negara tetangga hingga Indonesia yang menampung mereka di Aceh. Sayangnya di pelarian mereka juga menderita karena tidak diterima dengan baik, mereka seakan orang-orang yang tak punya tempat tinggal dan mereka terusir dari negerinya sendiri.

Berita terbaru tentang warga Rohingya cukup memprihatinkan, tersiar kabar bahwa militer Myanmar membantai dan membakar pemukiman Rohingya, mereka juga mengusir kaum Rakhine ini dan banyak dari mereka yang melarikan diri ke Bangladesh. Sayangnya, militer Bangladesh malah mengusir lebih dari 125 warga Rohingya yang datang ke negaranya, hal ini sungguh menakutkan apalagi banyak diantara mereka kaum wanita dan anak-anak.

Siang tadi saya tidak sengaja menemukan sebuah video dari Bangladesh di beranda FB, di situ terlihat video amatir yang memperlihatkan bagaimana militer Bangladesh dengan brutal memukuli warga Rohingya dengan pentungan, bahkan saking menakutkannya saya sampai tidak tega melihat video itu sampai selesai.

Gambaran penderitaan warga Rohingya semakin membuat miris, bahkan PBB tidak bisa berbuat banyak, peraih nobel perdamaian asal Myanmar, Aung San Suu Kyi, bahkan masih dihujani kritik atas nasib warga Rohingya yang teraniaya.
  • Rohingya, minoritas yang berada di tempat para mayoritas brutal dengan kebohongan yang mengatakan bahwa mereka cinta damai. Semoga kalian kuat menghadapi cobaan di dunia ini, dunia hanya bisa menutup mata dan telinga mereka!