Akhirnya Penyebar Isu Rush Money Bernama Abu Uwais Ditangkap Polisi

Akhir-akhir ini masyarakat dibuat heboh dengan pesan berantai melalui media sosial yang mengajak umat muslim untuk melakukan rush money secara serentak. Rush money sendiri adalah sebuah kegiatan pengambilan uang di bank secara seretak, bisa dibilang uang yang ada di bank diambil semuanya, dengan tujuan untuk membuat bank menjadi kacau atau bahkan bangkrut.


Seorang guru SMK berinisial AU (Akun Facebook : Abu Uwais, namanya : Abdul Rozak) akhirnya ditangkap karena ditengarai sebagai salah satu sumber awal penyebar isu ajakan rush money yang membuat masyarakat gelisah. Polisi telah mengamankan guru SMK ini dan dia diancam hukuman 5 tahun penjara karena hasutan yang dilakukannya.

Sebelumnya polisi telah menelusuri penyebar isu ini dan menemukan halaman facebook AU yang merupakan guru SMK. Di halaman itu dia mengajak teman-teman FB-nya untuk melakukan rush money, di fotonya itu pula dia memperlihatkan uang dengan jumlah yang banyak dan buku tabungan bank BCA. Namun setelah ditelusuri, ternyata AU tidak punya rekening BCA dan uang itu adalah uang SPP murid-muridnya, lucu yah?!
Isu rush money mulai berhembus sejak adanya demo 4 november, hal ini lantaran kasus ahok yang terus menerus diperjuangkan oleh umat muslim di Indonesia. Banyak isu yang mengajak umat islam untuk mematikan para muslim untuk mengambil uang dari bank komunis dengan tujuan mengacaukan perekonomian dan perbankan di Indonesia.

Tentu saja isu ini membuat banyak orang panik dan mencari informasi terkait kabar heboh ini, dan tak sedikit orang yang akhirnya ketakutan dan memilih mengikuti ajakan yang tidak jelas seperti itu. Yah inilah contoh bagaimana rakyat kita sangat mudah dihasut dengan isu yang tidak jelas kebenarannya, padahal pemerintah sendiri melalui menteri keuangan Sri Mulyani dan direktur BI sudah menghimbau masyarakat untuk tidak mempercayai isu ini.
Kini tersangka sudah diamankan dan katanya dia menyesal telah menyebarkan isu yang berbahaya ini. Tentunya penyesalannya harus dibayar dengan hukuman yang siap dia terima, enak aja lu udah bikin heboh di masyarakat dan hanya bilang menyesal.