8 Kelompok Teroris Paling kejam & Menakutkan di Dunia

Berbicara tentang terorisme, saat ini dunia sedang dihadapkan dengan yang namanya ISIS atau yang dikenal sebagai negara Islam di Suriah dan Irak. Sepak terjang kelompok ini sangat merisaukan dunia, bukan hanya untuk kawasan timur tengah saja, namun teror ISIS nyatanya sudah menyebar luas ke berbagai belahan dunia, dan hal ini yang membuat konflik di timur tengah, khususnya Suriah dan Irak seakan tak pernah padam.


Dengan dana yang besar, pengikut setia yang siap mati, kebencian yang mendarah daging kepada kelompok barat, para teroris ini kemudian bergerilya mengumpulkan senjata, pasukan, strategi, dan mereka memulai teror yang mengerikan di beberapa tempat di dunia ini. Banyak sekali korban kebiadaban mereka yang akhirnya membuat dunia mengutuk serangan teroris itu.

Dari sekian banyak kelompok teroris di dunia, ada sekitar 8 kelompok yang sangat terkenal dan menakutkan di dunia ini, mereka adalah :

1. ISIS (Islamic State of Iraq and the Levant)
Kelompok teroris ISIS (atau dering disebut Daest) didirikan oleh Abu Bakr al-Baghdadi, kelompok ini menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah. Perang melawan ISIS melibatkan banyak negara termasuk Rusia dan Amerika, bahkan mereka ikut membombardir sebagian wilayah ISIS. Kelompok ini dicap sebagai kelompok teroris terkaya saat ini dengan sumber dana dari penjualan minyak yang melimpah di timur tengah. Teror mereka sudah sangat banyak, bahkan akhir-akhir ini di Eropa sering terjadi penembakan dan pembunuhan masal yang dilakukan oleh sebagian anggota kelompok ini. ISIS sebenarnya masuk dalam jaringan Al-Qaeda, namun karena kebrutalannya, kelompok ini dikeluarkan dan malah semakin merajalela.

2. Al-Qaeda
Pada tahun 1988, Osama bin Laden membentuk jaringan teroris Al-Qaeda, salah satu aksi terorisme terbesar yang pernah mereka lakukan adalah serangan udara dengan pesawat pada 11 September 2011 ke gedung putih Amerika yang menyebabkan banyak korban jiwa. Amerika memburu Osama selama beberapa waktu hingga akhirnya mereka berhasil membunuhnya pada 2011 dalam sebuah operasi oleh US Navy Seals. Setelah kematian Osama, sebenarnya jaringan ini masih terus berjalan namun tidak terlalu sebrutal dulu lagi meski masih ditakuti oleh negara-negara di dunia ini.

3. Taliban
Taliban adalah kelompok teroris dari Afghanistan yang didirikan pada tahun 1994 di bawah kepemimpinan Mullah Mohammed Omar dengan tujuan membentuk negara Islam di Afghanistan dan berhasil memerintah Afghanistan pada 1996-2001 dan memberlakukan hukum syariah yang ketat. Kelompok Taliban dikenal sebagai salah satu teroris yang paling kejam karena sering membantai warga sipil dengan brutal, bahkan korban mereka kadang anak-anak dan kaum wanita yang tidak mengerti apa-apa.

4. Al-Nusra Front
Al-Nusra Front atau Front Pembela Rakyat Suriah kadang-kadang dikenal sebagai al-Qaeda di Suriah dibentuk pada tahun 2012, dan bertujuan untuk mengganti rezim Presiden Bashar al-Assad dengan negara Islam. Kelompok ini dikenal sebagai pemberontak di Suriah dan dianggap teroris oleh negara-negara barat.

5. Boko Haram
Kelompok ekstrim dari Nigeria ini memiliki aturan yang sangat keras terkait dunia barat, mereka menganggap segala hal yang berhubungan dengan dunia barat adalah haram dan harus dihukum berat. Mereka menguasai sebagian wilayah Nigeria dan kadang membantai warga disana.

6. Jemaah Islamiyah (JI)
Jemaah Islamiyah (JI) adalah cabang Al-Qaeda di Asia Tenggara dibentuk pada tahun 90an. Nama-nama seperti Abu Bakar Bashir, Umar Patek, dan Mas Selamat Kastari adalah bagian dari jaringan ini. Salah satu aksi mereka adalah bom Bali tahun 2002 yang menewaskan 202 orang. Kelompok yang hancur ini kemudian bergabuung dengan ISIS untuk meneruskan aksi teror mereka.

7. Kelompok Abu Sayyaf
Abu Sayyaf didirikan pada tahun 1990-an dengan dana dari al-Qaeda, kelompok yang berbasis di pulau Basilan dan Sulu ini sering melakukan aksi teror seperti pemboman, penculikan, dan berbagai aksi kriminal lainnya. Kelompok ini bergerak di kawasan Asia Tenggara seperti Filipina, Malaysia, bahkan Indonesia. Mereka juga masih masuk dalam jaringan ISIS yang ada di Asia tenggara.

8. Lashkar-e-Taiba
Kelompok militan Pakistan Lashkar-e-Taiba (LeT) atau yang kini dikenal Jamaat-ud-Dawa (Jud) pernah melakukan serangan Mumbai pada tahun 2008 yang menewaskan 166 orang. Kelompok ini juga memicu konflik antara India dan Pakistan yang terus berlanjut sampai saat ini.