Google Doodle Hari Ini Memperingati Hari Lahir Jean Batten, Penerbang Wanita Pertama

Hari ini Google doodle memasang gambar seorang wanita berpakaian pilot, dia adalah sosok Jean Batten yang merupakan pilot wanita pertama dengan rekor yang belum terpecahkan. Jean Batten lahir di Selandia Baru, 15 Spetember 1909. Menurut Wikipedia, rekor penerbangannya dibuat ketika dia melakukan penerbangan tunggal dari Inggris menuju ke Selandia Baru dengan waktu 11 hari 45 menit pada tahun 1936. Namun ada yang mengatakan bahwa dia memecahkan rekor setelah terbang dari Britania Raya menuju ke Australia dengan pesawat Gipsy Moth, setelah menempuh waktu 5 hari pada 1934.

Jean sendiri adalah salah seorang wanita yang penuh dengan talenta, dia adalah seorang musisi yang hebat, dia mahir memainkan piano semasa hidupnya. Selain sebagai pemusik, Jean juga merupakan penulis yang hebat, buku berjudul Alone in the skay dan My life menjadi bukti akan kemahiran Batten dalam menulis.

Jean Batten meninggal pada 22 November 1982 akibat infeksi gigitan anjing, dia meninggal di Spanyol pada usia 73 tahun. Hari ini perusahaan teknologi raksasa, Google, memberikan apresiasinya dengan memeriahkan hari ulang tahun Jean Batten dan memasangnya sebagai gambar Doodle di halaman depannya.

 

Google memang kerap memberikan kejutan kepada publik, setelah sebelumnya sosok Ki Asep Sunandar sang maestro wayang golek dijadikan doodle pada 3 September lalu, kali ini Jean Batten yang dijadikan Google Doodle. Banyak sosok penting yang dijadikan doodle sebagai apresiasi atas apa yang telah mereka lakukan, kadang bangsa sendiri malah lupa dengan sosok hebat yang ada di negaranya sendiri.

Jean Batten mungkin telah tenang di alam kuburnya, namun wanita cantik asal New Zealand ini tetap terkenang berkat prestasi yang dilakukannya semasa hidup.