5 Alasan EPL Musim ini Adalah yang Paling Ketat & Menarik

EPL atau English Premiere League adalah sebutan untuk liga Inggris, salah satu liga terbaik di Eropa bahkan dunia saat ini. Saingan EPL adalah Serie A Italia, Budes Liga Jerman, dan Liga Spanyol. Namun tahukah anda, musim 2016-2017 ini akan menjadi musim paling panas di EPL, dan saya rasa hampir semua mata akan tertuju dengan liga Inggris. Kenapa? Inilah 5 alasan EPL musim ini adalah yang paling ketat & menarik :
  • Faktor Pemain Bintang Yang Ikut Berlaga di EPL
Ingatkah anda masa kejayaan Serie A Italia? Saat itu di hampir semua klub yang berlaga memiliki nama pemain bintang yang dikenal dunia, misalnya Vieri, Shevchenko, Inzhagi, Totti, Delpiero, Zidanne, Nedved, dan lain sebagainya.


Nah saat ini, EPL musim 2016/2017 adalah liga dengan kumpulan bintang dunia, dari MU yang kedatangan Pogba dan memecahkan rekor transfer termahal Bale, Ibrahimovic, Mkhitaryaan, Baily. Lalu Mancester City yang mendatangkan Nolito, Gundogan, Stones, Liverpool yang membeli Sane, Chelsea yang membeli Kante, dan beberapa transfer panas lainnya.

Sedangkan sebelumnya sudah banyak sekali nama pemain bintang di EPL, sebut saja Rooney, Mata, Schwesinteiger, De Gea, Silva, Aguero, Yaya Toure, Hart, Coutinho, Costa, Fabregas, Hazard, Ozil, dan nama lain yang kalau dihitung lebih dari 60% pemain EPL adalah nama-nama bintang besar dalam dunia sepakbola.
  • Faktor Pelatih Top Dunia yang Menangani Klub EPL
Jose Mourinho menangani MU, Pep Guardiola menangani City, Jurgen Klop menangani Liverpool, Arsene Wenger menangani Arsenal, Claudio Ranieri menangani Leichester yang musim lalu juara, Anthonio Conte menukangi Chelsea, dan beberapa nama pelatih top dunia lainnya.


Persaingan klub bukan saja yang menjadi utama di EPL, bahkan terkadang persaingan para manajer tim juga sangat heboh. Pasti pada ingat saat Mou dan Wenger bersitegang, bahkan sampai saat ini mereka seakan belum berdamai dan masih panas saja di pingir lapangan.
  • Faktor Uang dan Kekayaan Klub EPL
Dalam daftar 20 klub terkaya di dunia, setidaknya ada 8 klub asal Inggris yang masuk di dalamnya, mereka adalah MU (3), Arsenal (5), Manchester City (6), Chelsea (7), Liverpool (8), Tottenham (10), West Ham (17), dan bahkan klub yang kemarin degradasi Newcastle United berada di urutan 20 dalam daftar klub terkaya di dunia, hebat bukan?

Perputaran uang di EPL sangat besar, kontrak siaran langsung paling mahal, tiket paling mahal, dan harga jersey juga paling mahal jika dibandingkan dengan liga lain di eropa bahkan dunia. Gaji pemain dan pelatih merupakan yang paling tinggi jika dibandingkan dengan yang lain.
  • Faktor Fans Klub EPL yang Mendunia
Hampir seluruh dunia pasti mengenal Messi dan Ronaldo, namun belum tentu mereka mengenal klub yang ada di liganya. Berbeda dengan klub EPL, dari yang terkenal bahkan sampai yang baru naik kasta, pastinya media selalu memberitakannya dan membuat dunia mengenal klub EPL.

Fans dari klub EPL menyebar bukan hanya di Inggris dan Eropa saja, bahkan di seluruh dunia ada fans mereka. Terbukti saat laga pra musim yang digelar, banyak fans yang memadati stadiun untuk menyaksikan laga tim kesayangan mereka itu.
  • Faktor Eksternal yang Membuat EPL Paling Terdepan
Liga Spanyol seakan diperebutkan Barcelona, Atlethico Madrid, dan Real Madrid saja, Liga Italia diperebutkan Juventus, duo Milan, dan As Roma saja, Liga Jerman hanya Dortmun dan Bayer Munchen saja. Tapi berbeda dengan EPL, bahkan Leichester City bisa juara, persaingan 4 besar bukan lagi milik MU, Chelsea, Arsenal, dan Liverpool, kini mereka bersaing dengan tim besar lainnya seperti West Ham, Leichester, Tottenham, Swansea, Sunderland, dan lain sebagainya yang tentu tak mau kalah.

EPL adalah liga yang sangat profesional, mulai dari wasit, stadiun, dan berbagai perlengkapan lainnya, sedangkan liga lain masih berkutat dengan kerusuhan supporter, korupsi, skandal, dan lain sebagainya. Inilah yang membuat EPL jadi nomor satu.


Tanggal 13 Agustus 2016 adalah awal musim EPL / BPL 2016-2017, dan persaingan untuk menjadi juara liga Inggris dimulai dan semakin ketat. Itulah alasan kenapa Liga Inggris adalah liga terbaik di dunia saat ini, siapkan diri anda untuk menyaksikan liga Inggris yang disiarkan di RCTI dan MNC TV.